Kalibrasi arduino

Sensor-sensor perlu dikalibrasi terlebih dahulu untuk mendapatkan hasil yang terukur. Kalibrasi sensor arduino membutuhkan alat pengukur lainnya yang telah terkalibrasi/ditera. Tahap Kalibrasi merupakan tahapan percobaan dengan membandingkan hasil yang terukur oleh arduino dengan hasil yang terukur oleh alat kalibrasi.

Jika proses kalibrasi sulit dilakukan (tidak punya alat kalibrasi), kita bisa melakukan proses kalibrasi menggunakan pendekatan teoritis yaitu berdasarkan kurva/grafik yang diperoleh dari datasheet sensor tersebut.

Dalam kondisi kebutuhan sensor akurasi tinggi, perancang diharuskan memilih komponen yang tepat dan yang paling penting adalah proses kalibrasi, karena kondisi teoritis dari pabrik belum tentu sesuai dengan kondisi di lapangan.

Kalibrasi crystal RTC 32.768 Hz / 32.000Hz

Komponen kristal kuartsa merupakan pembangkit gelombang dengan frekuensi yang sudah dikalibrasi oleh pabrik pembuatnya. Namun kristal yang umum digunakan masih bergantung pada suhu operasi, dimana frekuensi keluarannya bergantung pada suhu kristal tersebut.

pada DS1307, proses kalibrasi RTC sulit dilakukan karena chip DS1307/1302 tidak memiliki register kalibrasi, proses kalibrasi yang bisa dilakukan adalah dengan penambahan ofset waktu pada kontroller/arduino misalnya dengan penambahan 1 detik / hari atau 3 detik per 30 hari dst.

pada DS3231/3232, chip ini sudah memiliki kalibrasi sendiri (temperatur conpensation)

Kalibrasi sensor analog arduino

Pembacaan sensor analog pada arduino menggunakan perintah analogWrite() harus memperhatikan hal berikut:

  • ADC arduino juga memiliki faktor kesalahan akurasi (offset, gain, Integral Non-linearity dan Differential Non-linearity).
  • Faktor konversi nilai digital dari adc ke nilai sebenarnya.
  • Tegangan Vref yang digunakan.

Kalibrasi sensor lebar pulsa

Sensor yang bekerja dengan menghitung lebar pulsa seperti sensor kecepatan dan sensor jarak (echo) harus memperhatikan faktor berikut:

  • Situasi sensor bebas dari objek lain yang mungkin terdeteksi.
  • Untuk hasil yang akurat, gunakan pembacaan dengan detail tinggi, misalnya timer dengan prescaler 1 dan juga matikan fungsi interupsi untuk memastikan tick waktu mulai dan tick waktu selesainya benar-benar terdeteksi.
Bagikan Link halaman ini :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.