Fungsi Waktu App Inventor

Data waktu pada App Inventor berupa tanggal dan waktu yang dinyatakan dalam orde milidetik dari 1 Januari 1970. Data waktu ini bisa digunakan untuk beberapa keperluan diantaranya hitung mundur dan durasi.

Data waktu Sekarang (now)

Interface / modul clock memiliki fungsi ‘now’ yang menyediakan data waktu serta fungsi format datetime guna mendapatkan text waktu yang diinginkan.

Block diatas akan mengganti text pada label1 dengan text waktu sekarang dalam format MM/dd/yyyy hh:mm:ss a. Penggantian dilakukan setiap interval dari clock1 (default 1 detik).

Ambil waktu sistem android

Untuk mengambil data waktu ketika tombol di tekan dengan format tertentu bisa menggunakan block berikut:

Ketika button1 ditekan, text pada label2 akan diganti dengan waktu sekarang dalam format hh:mm.

Edit data waktu dengan TimePicker

TimePicker berfungsi sebagai dialog pengedit waktu dengan nilai default waktu sekarang (now)

Ketika tombol [selesai] pada dialog timePicker ditekan, text pada tombol [TimePicker] akan diganti dengan hasil pengeditan jam dan menit.

Angka dua digit (time pattern) app inventor

Agar tampilan waktu jam:menit terlihat rapi dalam format waktu hh:mm, App inventor 2 belum mengakomodir text pattern (kecuali sensor clock), untuk itu bisa dikombinasikan dengan perhitungan matematis yakni apabila angka kecil dari 10 maka akan ditambahkan ‘0’ diawalnya.

Hitung mundur (Countdown)

Hitung mundur adalah metode penghitungan waktu tunda. Hitung mundur bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan seperti aktifasi sebuah interface/screen dan sebagainya.

Hitung mundur dengan app inventor diaplikasikan dalam orde mili detik, agar lebih mudah waktu hitung mundur dikonversi menjadi detik dengan fungsi DurationToSeconds.

Untuk perancangan hitung mundur dengan app inventor dibutuhkan variabel waktu mulai dan durasi. Dengan bantuan ‘Clock’ penghitungan dideteksi setiap detik.

Hitung munder dengan metode time epoch ini bisa disetting dalam orde tahunan atau sesuai kebutuhan.

Menghitung durasi dengan app inventor

Durasi / selisih waktu adalah waktu yang dibutuhkan antara dua evenr/trigger, hasilnya diperoleh dengan formula waktu event2 dikurangi waktu event1.

Penghitungan durasi diukur dalam orde mili detik.

Block lengkap fungsi waktu menggunakan app inventor:

Design fungsi waktu dengan app inventor:

Tampilan app fungsi waktu memakai app inventor:

File apk fungsi waktu pada app inventor: FungsiWaktu.apk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *