Input angka menggunakan keypad pada Arduino

Keypad untuk arduino terdiri atas numerik 0-9 serta ‘*’ dan ‘#’ berfungsi sebagai input bagi arduino. Arduino membaca keypad (type membrane) dengan metode scanning 7 kabel (untuk keypad 3×4), atau adc satu kabel. Dengan menggunakan library keypad, nilai input yang diterima arduino sudah berupa karakter ‘0’ – ‘9’, ‘*’ dan ‘#’, nilai ini bisa baca langsung sebagai perintah seperti contoh berikut ”

 
void loop(){
  char key = keypad.getKey();
  
  if (key){
    Serial.println(key);
    switch(key)
    {
      case '0':
        digitalWrite(2, HIGH);
        break;
      case '1':
        digitalWrite(3, HIGH);
        break;
      case '*'://reset
        digitalWrite(2, LOW);
        digitalWrite(3, LOW);
        break;
    }
  }
}

Input deret angka

Supaya keypad berfungsi sebagai input nilai angka (misal 0-1000) seperti untuk keperluan input variabel ‘setting batas sensor analog’, maka keypad dibaca beberapa kali dengan ketentuan:

  • karakter ‘0’ – ‘9’ sebagai input numerik
  • karakter ‘*’ berfungsi sebagai reset (kembali ke 0)
  • karakter ‘#’ berfungsi sebagai enter layaknya keybboard laptop dan menyimpan pembacaan keypad sebagai nilai variabel

berikut skema yang digunakan untuk pembacaan keypad dengan arduino:

koding input nilai variabel dari keypad :

#include <Wire.h>
#include <LiquidCrystal_I2C.h>
#include <Keypad.h>

const byte ROWS = 4;
const byte COLS = 3;
char keys[ROWS][COLS] = {
  {'1', '2', '3'},
  {'4', '5', '6'},
  {'7', '8', '9'},
  {'*', '0', '#'}
};
byte rowPins[ROWS] = {8, 7, 6, 5};
byte colPins[COLS] = {4, 3, 2};

Keypad keypad = Keypad( makeKeymap(keys), rowPins, colPins, ROWS, COLS );
LiquidCrystal_I2C lcd(0x3F, 16, 2);//coba juga 0x27

char stringAngka[17];
int indexKeypad = 0;

void setup() {
  Serial.begin(9600);
  Serial.println("Input angka menggunakan keypad");
  Serial.println("https://www.semesin.com/project/");
  Serial.println();

  lcd.begin();
  lcd.backlight();
  lcd.print("Input angka");
}

void loop() {


  char key = keypad.getKey();

  if (key) {
    Serial.println(key);
    switch (key)
    {
      case '0':
      case '1':
      case '2':
      case '3':
      case '4':
      case '5':
      case '6':
      case '7':
      case '8':
      case '9':
        if (!indexKeypad)
        {
          lcd.clear();
        }
        stringAngka[indexKeypad++] = key;
        lcd.print(key);
        break;
      case '*'://reset
        lcd.clear();
        indexKeypad = 0;
        break;
      case '#':
        stringAngka[indexKeypad] = 0;
        lcd.setCursor(0, 1);

        int nilaiAngka = atoi(stringAngka);
        lcd.print(nilaiAngka);

        indexKeypad = 0;
        break;
    }
  }
}

contoh penggunaan keypad sebagai masukan variabel integer:

Jpeg

Bagikan Link halaman ini :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.