Input string melalui keypad menggunakan arduino

Keypad (dalam konteks arduino) sama halnya dengan keypad pada handphone lawas (tuts) yang terdiri dari setidaknya 12 tombol berupa angka 0 hingga 9 serta karakter * dan karakter #. Untuk menuliskan karakter huruf, maka tuts keypad harus ditekan beberapa kali hingga karakter yang diinginkan muncul.

String / text terdiri atas karakter-karakter penyusunnya, penggunaan keypad 3×4 (numerik) membutuhkan trik khusus dan terdapat bermacam-macam metode, dalam contoh ini menggunakan metode entry deret.

 

aturan pemakaian umum:

  1. Masing-masing tuts memiliki beberapa karakter, untuk memilih karakter maka tuts yang sama ditekan berulang-ulang hingga karakter yang diinginkan tampil.
  2. Jika tuts/tombol tidak ditekan selama 3 detik, maka karakter sebelumnya dimasukkan dalam memory dan sistem lanjut ke karakter berikutnya.
  3. Jika tuts yang ditekan berbeda dengan tuts sebelumnya, maka karakter terakhir akan dimasukkan dalam memory.
  4. tuts * berfungsi untuk menghapus karakter terakhir
  5. jika tuts * pada saat belum ada karakter yang dimasukkan, maka sistem akan kembali ke sistem normal (dalam contoh ini kembali ke keadaan awal).
  6. tuts # berfungsi seperti ‘enter’ untuk menyimpan string dan kembali ke sistem normal (dalam contoh ini kembali ke keadaan awal).

skema pemanfaatan keypad sebagai entry teks:

koding/sketch masukan keypad sebagai string / teks :

#define periodaKeypad         3000

#include <LiquidCrystal_I2C.h>
#include <Keypad.h>

LiquidCrystal_I2C lcd(0x3F, 16, 2);

const byte ROWS = 4;
const byte COLS = 3;
char keys[ROWS][COLS] = {
  {'1', '2', '3'},
  {'4', '5', '6'},
  {'7', '8', '9'},
  {'*', '0', '#'}
};
byte rowPins[ROWS] = {11, 10, 9, 8};
byte colPins[COLS] = {7, 6, 5};
Keypad keypad = Keypad( makeKeymap(keys), rowPins, colPins, ROWS, COLS );


char pad[11][11] = {
  "0 ",
  "1?!*#:=/+-",
  "2AaBbCc",
  "3DdEeFf",
  "4GgHhIi",
  "5JjKkLl",
  "6MmNnOo",
  "7PpQqRrSs",
  "8TtUuVvWw",
  "9XxYyZz",
};

byte padCounter;
char padChar;
bool padDitekan;
byte charCounter;
byte keySebelumnya;
char bufferKeypad[17];
char *bufferKeypadPtr;

long millisKeypad;

void setup() {
  Serial.begin(9600);
  Serial.println(F("Input string malalui keypad menggunakan arduino"));
  Serial.println(F("https://www.semesin.com/project"));
  Serial.println();

  lcd.begin();

  resetInput();
}

void loop() {
  char key = keypad.getKey();

  if (key) {
    switch (key)
    {
      case '0':
      case '1':
      case '2':
      case '3':
      case '4':
      case '5':
      case '6':
      case '7':
      case '8':
      case '9':

        millisKeypad = millis() + periodaKeypad;
        if ((key == keySebelumnya) || (keySebelumnya == 0))
        {
          padChar = pad[key - '0'][charCounter];
          keySebelumnya = key;
        }
        else if ((padDitekan) && (padCounter < sizeof(bufferKeypad) - 1))
        {
          *bufferKeypadPtr++ = padChar;
          keySebelumnya = key;
          charCounter = 0;
          padCounter++;
          padChar = pad[key - '0'][charCounter];
        }

        padDitekan = true;

        lcd.setCursor(padCounter, 1);
        lcd.print(padChar);
        lcd.setCursor(padCounter, 1);

        charCounter++;
        if (!pad[key - '0'][charCounter])
        {
          charCounter = 0;
        }
        break;

      case '*':
        if (padCounter)
        {
          if (keySebelumnya)
          {
            keySebelumnya = 0;
          }
          lcd.setCursor(padCounter, 1);
          lcd.print(' ');
          charCounter = 0;
          padCounter--;
          bufferKeypadPtr--;
          padChar = *bufferKeypadPtr;

          lcd.setCursor(padCounter, 1);
        }
        else
        {
          resetInput();
        }
        break;
      case '#':
        if ((padDitekan) && (padCounter < sizeof(bufferKeypad) - 1))
        {
          *bufferKeypadPtr++ = padChar;
        }
        *bufferKeypadPtr = 0;

        Serial.print("String input = ");
        Serial.println(bufferKeypad);

        lcd.clear();
        lcd.noBlink();
        lcd.setCursor(0, 0);
        lcd.print("String input = ");
        lcd.setCursor(0, 1);
        lcd.print(bufferKeypad);
        delay(3000);

        resetInput();
        break;
    }
  }

  if ((padDitekan) && (padCounter < sizeof(bufferKeypad) - 1))
  {
    if (millisKeypad < millis())
    {
      *bufferKeypadPtr++ = padChar;
      keySebelumnya = key;
      charCounter = 0;
      padCounter++;
      padDitekan = false;

      lcd.setCursor(padCounter, 1);
      lcd.print(' ');
      lcd.setCursor(padCounter, 1);
    }
  }
}

void resetInput()
{
  bufferKeypadPtr = bufferKeypad;
  charCounter = 0;
  padCounter = 0;
  keySebelumnya = 0;
  padDitekan = false;

  lcd.clear();
  lcd.print("Masukkan string");
  lcd.setCursor(padCounter, 1);
  lcd.blink();
}

library entry teks melalui keypad berbasis arduino :
LiquidCrystal-I2C.zip
Keypad.zip

Bagikan Link halaman ini :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.